Jumat, 29 Maret 2013

ETIKA BISNIS & PROFESI DALAM KASUS MEUBEL FINO BUEROS

postingan ketiga..
saya akan memposting tentang tugas etika bisnis dan profesi yang pernah saya kerjakan bersama teman-teman.
mungkin diantara pembaca ada yang mendapat tugas yang sama.
semoga postingan ini bisa sedikit membantu.
mari belajar :)


                    ETIKA BISNIS & PROFESI
DALAM KASUS
MEUBEL FINO BUEROS






Di susun oleh :
1.    Ayu Suudyasana                               11.1.01.07408      ( 3 – SA5)
2.    Erlina Anjelina                                  11.1.01.07429      ( 3 – SA5)
3.    Daning Puni Iswanti                          11.1.01.07442      ( 3 – SA5)
4.    Sisil Ayu Lestari                               11.1.01.07444      ( 3 – SA5)
5.    Wike Churnia Puspita                       11.1.01.07459      ( 3 – SA5)



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
SURABAYA
TAHUN AJARAN 2012 – 2013
MEUBEL FINO BUEROS

          Devid Finegood membuka suatu usaha peralatan rumah tangga awalnya memperkerjakan 10 orang tenaga kerja di Bell California pada tahun 1956. Pada pertengahan tahun 1980-an usahanya berkembang sehingga mampu memperkerjakan 700 orang tenaga kerja. Usahanya meliputi pembuatan tempat tidur di daerah Comton, dan meja di daerah Carson, serta beroperasi dibidang pendistribusian.

          Pada tahun-tahun itu kesadaran akan lingkungan di USA dan khususnya di California sangat tinggi. Hal tersebut membuat perkembangan terhadap standar lingkungan yang sehat semakin membaik. Fine-good telah menginvestasikan perusahannya dengan tehnologi yang canggih, tetapi perusahaan tersebut mulai mencari darah South Coast Air Quality Management karena perusahaan itu menimbulkan bau tidak sedap. AQMD mendenda 7500 US $ karena tingkat pencemaran yang di sebabkan oleh serbuk gergaji pada tahun 1988. Pada tahun 1989. Fine-good juga harus membayar denda 2350 $ US karena penggunaan yang tidak tepat atas Solvent Soaked Ranges in mismarked drums dan denda biaya kebersihan sebesar 10.730 $ US. Tetangga yang berada di sekitarnya mengeluh karena bau yang tidak enak serta debu-debu yang berhamburan sehingga Fine-good juga harus membayar denda sebesar 1000$ US pada tahun 1990. Fine-goodjuga harus bersaing dengan perusahaan yang lain serta harus menghadapi aturan denda oleh distrik setempat (AQMD Rule) no 1136 yang menghendaki bahwa semua perusahaan perabot rumah tangga harus pindah dari Solvent Based Coating ke water based coating pada tahun 1996.

          Perusahaan – perusahaan mebel meninggalkan negara bagian California. Menurut survey yang di lakukan ileh UCLA bahwa 15% industri perabot rumah tangga meninggalkan California antara tahun 1987 – 1989. Fine-good juga ikut pindah (exodus), karena aturan-aturan yang ketat terhadap lingkungan dan biaya operasional yang tinggi. Dia lalu menutup perusahannya di Compton pada bulan Februari 1990, dan di Carson pada bulan Maret tahun 1990, dan juga mem PHK karyawannya sebanyak 600 orang. Hanya usaha di bidang pendistribusian yang masih beroperasi. Kedua perusahaan mebel tersebut dipindahkan ke pusat kota La Cienega, Tinjuana, Mexiko dengan nama baru “ Meubel Fino Bueros “ (Fine Good Furniture).

          Usaha baru ini memberikan pekerjaan kepada 600 orang Mexico. Perusahaan ini menyediakan ruangan dan seorang dokter untuk menangani kesehatan karyawannya. Perusahaan ini juga di lengkapi kantin (kafe) dan untuk sekali makan siang dengan menu ala Mexico sebesar 75 cent. Perusahaan ini juga memiliki sumber air dan listrik sendiri. Perusahaan ini nampaknya ingin merahasiakan dan menghindari dari aturan hukum yang berlaku di Mexico. Gaji karyawannya yang di bayar setiap minggu dengan upah rata-rata 43 cent $ US dibandingkan dengan 330 $ US di USA. Biaya kompensasi untuk karyawan ini di anggap cukup minim dan tidak ada pengawasan terhadap kualitas udara dan monitor terhadap polusi udara.

          Usaha barunya ini, banyak mengluarkan polusi dari pada dua usahanya terdahulu di USA. Jam operasionalnya juga lebih lama mengakibatkan banayak gas-gas yang mengalir dari lorong pipa gas sehingga terjadi polusi. Para tetanggapun tidak mengeluh, kecuali karyawaanya sendiri, tidak ada hukum yang mengatur tentang pembatasan polusi udara yang di sebabkan oleh perusahaan yang memproduksi perabotan rumah tangga itu.

PERTANYAAN:
1.    Apa inti permasalahan dalam kasusu ini?
Jawab:
Inti permasalahan dari kasus tersebut adalah sebuah perusahaan rumah tangga yang didirikan oleh Devid Finegood tidak memenuhi standart lingkungan yang sehat. Sehingga perusahaan tersebut membayar banyak denda karena telah menimbulkan bau tidak sedap dan penccemaran udara. Kemudian Devid Finegood menutup perusahaanya dan mendirikan usaha baru yang di beli nama “Meubel Fino Bueros” walaupun telah menyediakan ruangan dan seorang dokter untuk menangani kesehatan karyawannya, perusahaan ini tetap banyak mengeluarkan polusi daripada dua usaha sebelumnya.
2.    Prinsip-prinsip dan toeri-teori etika apa yang dilanggar di kasus ini?
Jawab:
·         Kasus ini melanggar etika dalam teori GCG (Good Corporate Governance), serta prinsip keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
Namun dalam kasus Meubel Fino Beuros berlawanan yaitu tidak terbuka dalam mengemukakan informasi untuk menghindari aturan hukum yang berlaku.

Secara positif, perusahaan bisa melakukan kegiatan yang tidak membawa kepentingan ekonomis dan semata-mata di langsungkan demi kesejahteraan masyarakat atau salah satu kelompok di dalamnya.
Namun secara negatif, perusahaan juga bisa menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan – kegiatan tertentu yang sebenarnya menguntungkan dari segi bisnis, tetapi akan merugikan masyarakat atau sebagian masyarakat. Kegiatan itu bisa membawa keuntungan ekonomis, tetapi perusahaan mempunyai alasan untuk tidak malakukannya.

3.    Bagaimana saran anda untuk menanganai kasus di atas?
Jawab:
          Saran dari kelompok kami tentang kasus di atas adalah
§  Adanya tindak upaya dari pihak perusahaan untuk melakukan penelitian kembali tentang pencemaran yang perusahaan mereka hasilkan dan melakukan pencegahan dengan memperbaiki sistem kerja perusahaan menggunakan alat yang lebih ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi lagi.
§  Melakukan kerjasama dengan pemerintahan untuk menanggulangi terjadinya pencemaran udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar