Jumat, 29 Maret 2013

HUTANG DAN HUTANG JANGKA PANJANG

di postingan ke lima saya kali ini akan membagikan slide power point dari mata kuliah Manajemen Keuangan  dengan judul HUTANG DAN HUTANG JANGKA PANJANG.
slide ini telah di rangkum dan di permak sedemikian rupa oleh teman-teman kampus saya..
nah,semoga bermanfaat..
mari belajar :)
silahkan download disini : 
http://www.slideshare.net/upload

LATIHAN SOAL MANAJEMEN KEUANGAN BAB OBLIGASI

postingan ke empat saya akan membagikan sedikit ilmu tentang tugas manajemen keuangan yang pernah saya kerjakan bersama teman-teman yaitu tentang obligasi..
semoga postingan ini bisa sedikit bermanfat untuk teman-teman yang mungkin beberapa diantaranya mendapat tugas yang sama..
mari belajar :)




Manajemen Keuangan



                SISIL AYU LESTARI
5 SA 5 / 11
1110107444

     Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
           2012-2013

1.      Suatu obligasi memiliki nilai nominal ( face value ) Rp. 10.000 jatuh tempo 10 tahun mempunyai harga pasar Rp. 8.000 dan menawarkan coupon  rate 6% per tahun. Berapa nilai obligasi tersebut berdasarkan kondisi tingkat bunga yang berlaku 8% ?

Diketahui :
Face value = Rp 10.000 x Rp 8.000

                               =  Rp.80.000.000

I = Face value
            8%

 =   80
     0.08

 = 6.400.000
                                  
Jawab:

VB = I ( PVIFA   k,n ) + (PVIF    k,n)
                              = 6.400.000 (8% x 10) + 80.000.000 (8% x 10)
                              = 6.400.000 (6,710) + 80.000.000 (0,463)
                              = 42.944.000 + 37.040.000
                              = 79.984.000
Jadi, nilai obligasi berdasarkan tingkat bunga yang berlaku 8% sebesar Rp 79.984.000



2.      PT “ A ” menerbitkan obligasi dengan nilai nominal Rp. 1.000.000, coupon rate 17% per tahun. Saat ini obligasi tersebut masih mempunyai usia 9 tahun lagi. Karena menurunnya suku bunga, obligasi ang ekuivalen dapat dijual sesuai nilai nominal dengan coupon rate 14% per tahun. Karena itu PT “ A ” akan menarik obligasi lama pada call price 105. Periode overlap 3 bulan sebelum baru digunakan untuk melunasi obligasi lama. Berapa keuntungan karena penggantian obligasi lama dengan obligasi baru tersebut ? (abaikan faktor pajak).
Jawab :
Pelunasan  obligasi lama 105% x Rp 1.000.000                                               Rp   1050.000
Kas masuk obligasi baru                                                                                                Rp   1000.000
Selisih                                                                                                                 Rp       50.000
Bunga selama periode overlap 0,25 x 17% x Rp 1.000.000                             Rp        42.500
Kas keluar pada awal periode                                                                             Rp        92.500      
·         Penghematan pembayaran bunga pertahun adalah sebesar
(17% - 14%) x 1.000.000 =Rp 30.000.
Penghematan ini berlaku untuk 9 tahun lagi dengan menggunakan tingkat bunga sebesar 14% pertahun,maka PV penghematan tersebut adalah Rp 148.380

·         Dengan semikian keuntungannya adalah
Rp 148.380 – Rp 92.500 = Rp 55.880

·         Analisis di atas mengabaikan adanya pajak. Faktor pajak akan mempengaruhi tingkat bunga yang rrelevan ( yaitu menjadi [  14% (1 - t) ] dan pembayaran bunga akan menimbulkan penghematan pajak. Karenanya pembayaran bunga netto setelah penghematan yang perlu di perhatikan.



3.      Obigasi suatu perusahaan jika dikeluarkan tanpa warrant memberikan coupon rate 12%. Jika disertai warrant, maka obligasi tersebut dijual dengan yield 10%. Jika obligasi tersebut dijual dengan Rp. 100.000, jatuh tempo 20 tahun plus 30 warrant, hitunglah berapa nilai warrant tersebut.
Jawab :
Nilai pasar wajar obligasi (tanpa warrant)
 (12% x Rp 100.000)                                                                           12000
Nilai pasar wajar warrant
(10% x Rp 100.00)                                                                              10.000
Nilai pasar wajar agregat                                                                     22.000

Alokasi obligasi
(12.000/22.000 x Rp 100.000)= 54.545
Alokasi warrant
(10.000/22.000 x Rp 100.000)= 45.454


4.      Sturbug communication company mengeluarkan obligasi $100 juta dengan coupon rate 13% coupon bond jatuh tempo 10 tahun. Obligasi tersebut memiliki call premium sebesar 8%. Sebuah bank investasi menyarankan staburg mengeluarkan obligasi baru senilai $100 juta dengan coupon rate 10% waktu jatuh tempo 10 tahun dan bunga dibayar setiap tengah tahun. Floatation cost dari obligasi baru adalah $4 juta tanpa pajak. Analisalah apakah saran bank investasi tersebut dapat dijalankan Starburg ?
Jawab :
Analisanya yaitu tidak dapat di jalankan untuk sturbug, karena suku bunga turun harga obligasi akan naik, ini menyebabkan penerbit obligasi yang rugi atau menggunakan cara lain untuk mengurangi resiko bagi penerbit obligasi (perusahaan) dengan mencantumkan call price/call premium. Call price menunjukkan harga yang akan di bayar untuk penerbit  obligasi, pada saat hak untuk membeli kembali obligasi tersebut di laksanakan untuk penerbit obligasi.

1.       “X” memiliki 250 saham preferen PT Dalton yang sekarang berharga Rp. 3.850 per saham dengan tahunan Rp. 325 per saham.
a.       Berapa pengembalian yang diharapkan?
b.      Jika “X” mensyaratkan pengembalian 8% dengan harga sekarang, apakah “X” harus menjual atau membeli lebih banyak saham preferen PT Dalton?
jawab :
a Diketahui      : Nilai saham preferen = Rp 3.850 per saham
  Deviden = Rp 325 per saham
                          Jumlah saham = 250 lembar
Ditanya           : Berapa pengembalian yang dikembalikan?
Jawab              :
Nilai saham preferen                           =


3.850 x 250                                         =
962.500 (Tingkat pengembalian)        = 81.250
Tingkat pengembalian                         = 0,0844 x 100%
Tingkat pengembalian                         = 8,44%

b.                              Nilai saham preferen                                 =
Nilai saham preferen                           =


Nilai saham preferen                           = 4.062,5
Kesimpulan : nilai saham > harga pasar sehingga X membeli lebih banyak saham PT. Dalton.



Saham biasa PT Smart sekarang berharga Rp. 2.300 per lembar saham. Eksekutif perusahaan mengantisipasi tingkat pertumbuhan konstan 10,5% dan deviden akhir tahun Rp. 250 per lembar.
a.         Berapa tingkat pengemablian yang dapat diharapkan investor?
b.        Jika seorang investor mensyaratkan pengembalian 17% apakah investor tersebut harus membeli saham PT Smart?
Jawab :
a.                   Diketahui        : Po = Rp 2.300
  G = 10,5%
  Do = Rp 250
Ditanya           : Berapa tingkat pengembalian yang dapat diharapkan investor?
Jawab              : Po                                          =


                          Rp 2.300                               =


                         Rp 2.300 (Ks – 0,105)           =  250 (1,105)
                         Rp 2.300 Ks – 241,5              = 276,25
                         Rp 2.300 Ks                           = 517,75
                                     Ks                                           =


                                     Ks                                           = 22,51%

Diketahui        : G = 10,5%
  Do     = Rp 250
  Ks      = 17%
Ditanya           : Apakah investor tersebut harus membeli saham PT. Smart?
Jawab              : Po                                          =


                                      Po                                          =

                                      Po                                          =


                                      Po                                          = Rp 4.250
Kesimpulan    : Ya investor tersebut harus membeli saham PT. Smart karena dengan   tingkat pengembalian 17% harga saham meningkat.

3.      Tahun lalu Johnson JR membayar deviden sebesar Rp.5000 untuk tiap lembar saham. Tingkat pertumbuhan 5%, return untuk saham tersebut adalah 14%.
a.         Berapa harga layak untuk setiap saham?
b.        Jika di lantai bursa saham tersebut dijual Rp. 65.000 perl lembar, bagaimana keputusan saudara sebagai investor?
 Jawab        :
a.       Diketahui        : Do = Rp 5.000
  G = 5%
  Ks = 14%
Ditanya           : Berapa harga yang layak untuk saham tersebut?
Jawab              :
Po        =
Po        =


Po        =



Po        = Rp 58.333


b.      Diketahui        : Do = Rp 5.000
  G = 5%
  Po = Rp 65.000
Ditanya           : bagaimana keputusan saudara sebagai investor?
Jawab              :
Po                                =
65.000                         =


65.000 (Ks – 0,05)      = 5.000 (1,05)
65.000 Ks – 3.250       = 5.250
Ks                                =


Ks                                = 13,08%
Kesimpulan       : keputusan saya sebagai investor lebih memilih nilai saham yang        Rp 58.333 karena harga saham tersebut memiliki tingkat pengembalian yang lebih besar dibanding dengan nilai saham yang Rp 65.000.
4.      Smart Holding baru saja membayarkan deviden  saham biasa Rp. 200 per lembar. Rate of return saham biasa adalah 10% per tahun.
a.         Jika tingkat pertumbuhan divine 0%, berapakah harga yang layak dari saham biasa tersebut?
b.        Jika tingkat pertumbuhan dividen 5% per tahun:
·         Berapakah dividen pada tahun ke-1 dan ke-2?
·         Berapakah harga saham tersebut pada tahun ke-1 dan ke-2?
Jawab :
            Diketahui  : Dividen / lembar = Rp. 200 (do)
                                Rate of return      = 10%      (Ks)
                                g                          = 0 %

Jawab  : a. Vcs = Pcs = do (1 + g)
                                                     Ks – g
                                               = 200 (1 + 0%)
                                                     10% - 0%
                                               = 200
                                                   10%
                                               = 2000



b. Jika tingkat pertumbuhan dividen (g) = 5%
·         Dividen tahun ke-1 = d1 = do × (1 + g)
   = 200 × (1 + 5%)
   = 200 × 1,05
   = 210
·            Deviden tahun ke-2 = d1 = do × (1 + g)
     = 210 × (1 + 5%)
     = 210 × 1,05
     = 220,5
·            Harga Saham tahun ke 1
Po                    =

Po                    =

Po                    =

Po                    =  Rp 4.200


·            Harga Saham  tahun ke-2
Po                    =

                      
                                                                        =

                                                                        =

                                                                        =  4410



 

ETIKA BISNIS & PROFESI DALAM KASUS MEUBEL FINO BUEROS

postingan ketiga..
saya akan memposting tentang tugas etika bisnis dan profesi yang pernah saya kerjakan bersama teman-teman.
mungkin diantara pembaca ada yang mendapat tugas yang sama.
semoga postingan ini bisa sedikit membantu.
mari belajar :)


                    ETIKA BISNIS & PROFESI
DALAM KASUS
MEUBEL FINO BUEROS






Di susun oleh :
1.    Ayu Suudyasana                               11.1.01.07408      ( 3 – SA5)
2.    Erlina Anjelina                                  11.1.01.07429      ( 3 – SA5)
3.    Daning Puni Iswanti                          11.1.01.07442      ( 3 – SA5)
4.    Sisil Ayu Lestari                               11.1.01.07444      ( 3 – SA5)
5.    Wike Churnia Puspita                       11.1.01.07459      ( 3 – SA5)



SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA
SURABAYA
TAHUN AJARAN 2012 – 2013
MEUBEL FINO BUEROS

          Devid Finegood membuka suatu usaha peralatan rumah tangga awalnya memperkerjakan 10 orang tenaga kerja di Bell California pada tahun 1956. Pada pertengahan tahun 1980-an usahanya berkembang sehingga mampu memperkerjakan 700 orang tenaga kerja. Usahanya meliputi pembuatan tempat tidur di daerah Comton, dan meja di daerah Carson, serta beroperasi dibidang pendistribusian.

          Pada tahun-tahun itu kesadaran akan lingkungan di USA dan khususnya di California sangat tinggi. Hal tersebut membuat perkembangan terhadap standar lingkungan yang sehat semakin membaik. Fine-good telah menginvestasikan perusahannya dengan tehnologi yang canggih, tetapi perusahaan tersebut mulai mencari darah South Coast Air Quality Management karena perusahaan itu menimbulkan bau tidak sedap. AQMD mendenda 7500 US $ karena tingkat pencemaran yang di sebabkan oleh serbuk gergaji pada tahun 1988. Pada tahun 1989. Fine-good juga harus membayar denda 2350 $ US karena penggunaan yang tidak tepat atas Solvent Soaked Ranges in mismarked drums dan denda biaya kebersihan sebesar 10.730 $ US. Tetangga yang berada di sekitarnya mengeluh karena bau yang tidak enak serta debu-debu yang berhamburan sehingga Fine-good juga harus membayar denda sebesar 1000$ US pada tahun 1990. Fine-goodjuga harus bersaing dengan perusahaan yang lain serta harus menghadapi aturan denda oleh distrik setempat (AQMD Rule) no 1136 yang menghendaki bahwa semua perusahaan perabot rumah tangga harus pindah dari Solvent Based Coating ke water based coating pada tahun 1996.

          Perusahaan – perusahaan mebel meninggalkan negara bagian California. Menurut survey yang di lakukan ileh UCLA bahwa 15% industri perabot rumah tangga meninggalkan California antara tahun 1987 – 1989. Fine-good juga ikut pindah (exodus), karena aturan-aturan yang ketat terhadap lingkungan dan biaya operasional yang tinggi. Dia lalu menutup perusahannya di Compton pada bulan Februari 1990, dan di Carson pada bulan Maret tahun 1990, dan juga mem PHK karyawannya sebanyak 600 orang. Hanya usaha di bidang pendistribusian yang masih beroperasi. Kedua perusahaan mebel tersebut dipindahkan ke pusat kota La Cienega, Tinjuana, Mexiko dengan nama baru “ Meubel Fino Bueros “ (Fine Good Furniture).

          Usaha baru ini memberikan pekerjaan kepada 600 orang Mexico. Perusahaan ini menyediakan ruangan dan seorang dokter untuk menangani kesehatan karyawannya. Perusahaan ini juga di lengkapi kantin (kafe) dan untuk sekali makan siang dengan menu ala Mexico sebesar 75 cent. Perusahaan ini juga memiliki sumber air dan listrik sendiri. Perusahaan ini nampaknya ingin merahasiakan dan menghindari dari aturan hukum yang berlaku di Mexico. Gaji karyawannya yang di bayar setiap minggu dengan upah rata-rata 43 cent $ US dibandingkan dengan 330 $ US di USA. Biaya kompensasi untuk karyawan ini di anggap cukup minim dan tidak ada pengawasan terhadap kualitas udara dan monitor terhadap polusi udara.

          Usaha barunya ini, banyak mengluarkan polusi dari pada dua usahanya terdahulu di USA. Jam operasionalnya juga lebih lama mengakibatkan banayak gas-gas yang mengalir dari lorong pipa gas sehingga terjadi polusi. Para tetanggapun tidak mengeluh, kecuali karyawaanya sendiri, tidak ada hukum yang mengatur tentang pembatasan polusi udara yang di sebabkan oleh perusahaan yang memproduksi perabotan rumah tangga itu.

PERTANYAAN:
1.    Apa inti permasalahan dalam kasusu ini?
Jawab:
Inti permasalahan dari kasus tersebut adalah sebuah perusahaan rumah tangga yang didirikan oleh Devid Finegood tidak memenuhi standart lingkungan yang sehat. Sehingga perusahaan tersebut membayar banyak denda karena telah menimbulkan bau tidak sedap dan penccemaran udara. Kemudian Devid Finegood menutup perusahaanya dan mendirikan usaha baru yang di beli nama “Meubel Fino Bueros” walaupun telah menyediakan ruangan dan seorang dokter untuk menangani kesehatan karyawannya, perusahaan ini tetap banyak mengeluarkan polusi daripada dua usaha sebelumnya.
2.    Prinsip-prinsip dan toeri-teori etika apa yang dilanggar di kasus ini?
Jawab:
·         Kasus ini melanggar etika dalam teori GCG (Good Corporate Governance), serta prinsip keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
Namun dalam kasus Meubel Fino Beuros berlawanan yaitu tidak terbuka dalam mengemukakan informasi untuk menghindari aturan hukum yang berlaku.

Secara positif, perusahaan bisa melakukan kegiatan yang tidak membawa kepentingan ekonomis dan semata-mata di langsungkan demi kesejahteraan masyarakat atau salah satu kelompok di dalamnya.
Namun secara negatif, perusahaan juga bisa menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan – kegiatan tertentu yang sebenarnya menguntungkan dari segi bisnis, tetapi akan merugikan masyarakat atau sebagian masyarakat. Kegiatan itu bisa membawa keuntungan ekonomis, tetapi perusahaan mempunyai alasan untuk tidak malakukannya.

3.    Bagaimana saran anda untuk menanganai kasus di atas?
Jawab:
          Saran dari kelompok kami tentang kasus di atas adalah
§  Adanya tindak upaya dari pihak perusahaan untuk melakukan penelitian kembali tentang pencemaran yang perusahaan mereka hasilkan dan melakukan pencegahan dengan memperbaiki sistem kerja perusahaan menggunakan alat yang lebih ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi lagi.
§  Melakukan kerjasama dengan pemerintahan untuk menanggulangi terjadinya pencemaran udara.

percakapan bahasa Inggris dengan pendialog seuluh orang

pada postingan kedua saya akan memposting tentang percakapan bahasa inggris dengan pendialog sepuluh orang.
semoga bisa menunjang kreatifitas belajar teman-teman.
mari belajar :)


Sales (promotion)       : Rahmat, Frenky, dan Wanda.
Sales (promosi)           : Stand atas (utama) ->>> Umi, Daning, dan Erlina.
Customers                   : I. Wike dan Isti.
                                     II. Sisil dan Ayu.

                                                          DI BAWAH
>>>>>  Wike dan Isti berjalan, tiba-tiba dihadang seorang sales.<<<<<
Wanda             : (menghadang) ,,
                        Maaf kak ,, boleh minta waktunya sebentar ??? (sambil tersenyum). excuse me, can i have your time, please?
Wike dan Isti   : iy kak, ada apa ??? yes, what can i help you with?
Wanda             : di stand kami mempromosikan pengeluaran tas import produk terbaru
                        (sambil mengasihkan brosur). We are promoting our latest imported bags
                        Di brosur ini sudah tertera harga dan kualitas merk tas tersebut
                        (sambil tersenyum). You can see the prices and quality of this bag in this brochure
Wike                : Apakah tas-tas ini ada diskonnya kak ??? is there any discount for these bags?
Wanda             : Ada kak. Of course J
                        Untuk tas yang no.1 dan 2 ini dapat diskon 15% dan untuk no.3 dan 4
                        dapat diskon 25% (sambil menunjuk gambar brosur). For bag 1 and 2 you’ll get 15 percent discount and for bag 3 and 4 you’ll get 25% discount.
Isti                   : Apakah ada perbedaanya dari kualitas tas-tas ini kak ??? is there any differences in the quality of these bags?
(sambil menunjuk gambar brosur).
Rahmat           : (menyela) Ada bedanya kak. Yes
Tas yang no.1 dan 2 ini termasuk KW 1 dan untuk yang  no.3 dan 4 termasuk
                        KW 2. Bag number 1 and 2 has the best quality and bags number 3 and 4 has lower quality
Dari harganya saja sudah berbeda kak ,, maka kualitasnya juga berbeda.
(sambil tersenyum). You can see it from the prices that bags number 1 and 2 are more expensive than bags numer 3 and 4

Frenky             : (lansung menyela)
Maaf kak ,,  untuk tas no.1 dan 2 dikenai harga Rp 325.000;
                        dengan diskon 15% kak ,, sedangkan yang no.3 dan 4 dikenai harga
                        Rp 250.000;dengan diskon 25% . excuse me, the price for bags number 1 and 2 is 325.000 with 15% discount while bags numer 3and 4 is 250.000 with 25% discount.
Diskon ini hanya berlaku dibulan ini saja kak dan hanya bisa didapat di stand
kami saja ,, karena kami lagi ada promosi kak (sambil tersenyum). Our offer is available in this month and in our store only because we’re doing a promotion
Isti                   : ohhh .. begitu ya kak (sambil tersenyum). Oh i see
Franky               : Kalau kakak-kakaknya ini tertarik ,, untuk mengetahui lebih jelasnya,
 Dan juga bisa melihatbarang-barangnya secara langsung.
 (sambil tersenyum). If you are interested in our products and need more informations or maybe you want to see the products, you may follow my friend who will lead you to our store
kak ini (sambil menunjuk wanda) bisa mengantarkan ke stand atas kami.
Isti dan Wike   : Iya kak ,, kami tertarik.  (sambil tersenyum). Yes, we’re interested
Wanda             : Mari mb,, ikuti saya. (sambil tersenyum).okay, follow me J
(((Wanda mengantarkan Isti dan Wike ke stand atas (utama). )))

>>>>>  Setelah sampai di stand atas (utama)            <<<<<
(Umi dan Daning : di INDOOR) ,, (Erlina: di OUTDOOR).
                                                          









DI ATAS
Wanda             : Permisi kak Umi ,, kak Daning
tolong jelaskan secara detail tentang tas-tas yang ada
                        disini ,, kapada kakak-kakak ini. excuse me umi, daning, can you explain more about our products to our customers
Umi n Daning  : (Berdiri). Iya kak .. terima kasih iya. (sambil tersenyum). Of course
            {{{ Wanda keluar dari stand atas (utama).}}}

Umi n Daning  : Silahkan duduk kak. (sambil tersenyum). Have seat pleaseJ
Umi                 : Iya kak, apa ada yang bisa saya bantu untuk menjelaskan produk-produk
                        Yang ada di stand kami ini ??? (sambil tersenyum). yes, miss. Is there anything i can help to explain about these products?
Isti                   : Di stand bawah tadi saya mendapat penjelasan tentang produk KW 1 dan
                        KW 2 . Tolong jelaskan apa perbedaannya produk KW 1 dan KW 2 yang ada
stand ini ??? just now, that lady told me about the best quality and the lower quality. Can you explain what makes them different?
Umi                 : Untuk KW 1 ,, terjamin tahan lama ,, karena produk KW 1 ini terbuat dari
bahan terbaik,, dan modelnya juga elegan. Tidak jauh dengan tas yang original kak.for the best quality we can guarantee that this product last longer because it made from the materials and it has an elegant design. Not much different from the original one.
Wike                : Kalau untuk yang KW 2 ,, apa bedanya ??? what about the lower quality?
Daning             : Untuk yang tas KW 2 ,, kualitas bahannya cukup baik , maski beda dengan
                        KW 1. Hanya saja KW 1 lebih mengutamakan bentuk tasnya yang elegan.
                        Namun, tas KW 2 tidak kalah dengan tas yang KW 1, dan juga harganya
                        lebih terjangkau dari pada tas KW 1 kak. (sambil tersenyum). For those bags, the quality is quite good. But it’s not too bad if we compare it with the best quality bags. And the price is more affordable.
Umi                 : Bagaimana kak ??? apakah tertarik untuk membeli tas disini ???
                        (sambil tersenyum).
                        Kebetulan di stand kami ini lagi promosi untuk produk terbaru loohh kak.
                        (sambil tersenyum,, merayu).so how about it? Are you interested in buying our bag? We can give you a discount for our latest products
Isti                   : Iya kak,, saya tertarik dengan tas yang KW 1. Yes, i’m actually interested in the best quality bag.
Wike                : Iya kak,, saya juga tertarik tetapi yang KW 2 saja kak. Yes, i’ll take the lower quality one.
Isti                   : Saya ambil yang ini ya kak ??? berarti harganya Rp 276.250; ya kak ???
kan sudahdapat diskon 15%. (sambil tersenyum). I’ll take this one. So it’s 276.250, right?
Umi                 : Iya kak Rp 276.250; yes. Wait for a second, i’m going to take the product for you
Sebentar iya kak,,  saya ambil barangnya dulu. (lalu mengambil barang).
            {{{ (beberapa saat kemudian) }}}      
Ini kak ,, tasnya. Mohon diteliti dulu sebelum membeli. This is the bag you want, miss. Please check again befor you pay for it.
(sambil mengasihkan kepada Isti).
Isti                   :Iya kak (sambil tersenyum). Okay J
Umi                 : Bagaimana kak ??? how about it?
Isti                   : ok .. saya ambil yang ini kak.
                        Ini uangya. (sambil mangasihkan uang kepada Umi). Okay, i’ll take this one. This is the money
Umi                 : ok .. saya hitung dulu ya kak. (sambil tersenyum). Okay i’ll count it first.
                        Uangnya Rp 300.000; ,, ini kembalianya kak. You give me 300.000 and this is the cash back
Terima kasih kak (berjabat tangan , sambil tersenyum). Thank you.
Isti                   : Sama-sama kak (sambil senyum). You’re welcome.
Daning             : Untuk kakak yang ini tertarik yang mana ??? (sambil tersenyum). How about you, miss. Which one is interesting for you?
Wike                : Saya tertarik yang KW 2 saja kak. Karena modelnya lucu dan unik.
                        Jadi, sayaambil yang KW 2 no.3 kak (sambil tersenyum). I’m interested in the lower quality because of the unique design. So, i’ll take bag number 3.
Daning             : Sebentar iya kak,, saya ambil barangnya dulu. Wait a second miss. I’ll take the bag for you.
            {{{ ( beberapa saat kemudian ) }}}
                        Ini kak ,, tasnya. Mohon diteliti dulu sebelum membeli.
(sambil ,mengasihkan kapada Wike).
Wike                : Iya kak (sambil tersenyum).yes!!!
Daning             : Bagaimana kak ???how about you?
Wike                : ok .. saya ambil yang ini kak.
                        Ini uangnya. (sambil mengasihkan uang kepada Daning ).
Daning             : Terima kasih kak (berjabat tangan , sambil tersenyum).
Wike                : Sama-sama kak (sambil tersenyum).
Isti n Wike       : Mari kak. (sambil tersenyum keluar stand).
Umi n Daning  : iya silahkan. (sambil tersenyum, mempersilahkan keluar stand).

>>>>>  Keluar dari stand.
 Tidak lama kemudian Sisil dan Ayu lewat dan bertanya pada Isti dan Wike.
Sisil dan Ayu jalan menuju ke arah Isti dan Wike.

Sisil                  : Permisi (sambil tersenyum). Excuse me
Isti                   : iya ,, ada apa ??? yes, can i help you?
Sisil                  : Maaf mangganggu waktunya. (sambil tersenyum). I’m sorry, can i have your time?
Isti n Wike       : Tidak apa-apa. (sambil tersenyum). Ada apa iya ??? it’s okay, what’s going on?
Ayu                  : Begini ,, kami ingin tanya-tanya pada kalian. (sambil tersenyum). We want to ask you guys about something
Wike                : Tanya apa iya ??? okay, what is that?
Ayu                  : Kalian berdua membeli produk tas impor terbaru di stand sana iya ??? you guys just bought the new imported bag from that store don’t you?
                        (sambil menunjuk ke arah stand utama).
Wike                : Iya .. di stand itu. Yes..
Sisil                  : Kalau boleh tahu,, apakah di stand itu menjual produk tas terbaru yang
                        berkualitas ??? well, does that store sells a great quality bags?
Isti                   : Iya .. produknya sangat berkualitas. Dan mempunyai 2 (dua) kualitas.
                        Yaitu : kualitas 1 dan 2. Ya. The bags are high quality. They have 2 kinds of quality. They’re quality 1 and 2
Sisil                  : Apa bedanya tas yang kualitas 1 dan 2 ??? what’s the different?
Wike                : Kalau KW 1  ,, bedanya yang pasti dari bahan dan model tas tersebut.
                        Untuk yang KW 1 ,, bentuk tasnya elegan. It’s the materials and the design. Bags with number 1 quality have more elegant design.
                        Sedangkan yang KW 2 ,, bentuknya unik-unik. Seperti yang saya beli ini. while bags with number 2 quality have unique design. Just like what i bought.
                        (sambil menunjukkan tas yang di bawa, sambil tersenyum).
Isti                   : Kalau ingin tahu lebih jelasnya, kalian bisa tanya-tanya di standnya.
                        Kebetulan masih ada promosi juga. (sambil tersenyum).if you want more information just go to the store. And anyway they still have a discount.
Sisil                  : ohh ,, iya .. terima kasih atas waktunya. (sambil tersenyum). Great. Thanks for your time.
Isti n Wike       : iya .. sama-sama. (sambil tersenyum). Sure, you’re welcome.

>>>>>  Tidak lama kemudian, Erlina menghampiri Sisil dan Ayu. <<<<<
Erlina               : Saya perhatikan dari tadi, kakak-kakak ini tanya kakak-kakak yang keluar dari stand kami. Apakah kakak-kakak ini tanya tentang produk yang ada di stand kami ??? (sambit tersenyum). We saw you guys ask those girls who came out from our store. Did you guys ask about our bags?
Sisil                  : Iya kak, tadi saya tanya tentang produk yang ada di stand ini. yes actually. We were asking about your bags.
Erlina               : Apakah ada yang mau di tanyakan untuk produk tas yang ada di stand kami ??? (sambil tersenyum). Is there anymore questions?
Sisil                  : kakak  itu tadi bilang kalau disini (sambil menunjuk arah stand).
                        Ada tas KW 1 dan 2. Those girls told us that you sell bags with number 1 quality and number 2 quality.
Saya hanya tahu perbedaan dari bentuk modelnya saja. I only knew about the difference in the design
Bisa tolong jelaskan,, lebih detailnya kepada kami ??? can you, please explain the details to us?
Erlna                : Iya ... bisa. (sambil mengasihkan brosur). Of course
                        Untuk bentuk model memang berbeda dengan KW 1 dan 2. For the design it’s different
                        Pasti anda sudah tahu kalau KW 1 bentuk modelnya elegan. Sedangkan, KW 2
                        bentuknya unik-unik. Tetapi, tidak hanya itu saja harganya juga lebih
                        terjangkau. (sambil tersenyum). maybe you guys already knew that number 1 quality bags have elegant designs while the number 2 quality bags have unique designs. But not just that the prices is more reasonable than bags with number 1 quality.
Ayu                  : Dibrosur ini kan KW 1 ada no.1 dan no.2 sedangkan KW 2 ada no.3 dan no.4.
                        Bedanya apa kak, no.1 dan no.2 ??? itu kan sama-sama KW 1??? This brochure shows that number 1 quality bags have bags number 1 and 2. And bags with number 2 quality have number 3 and 4. What’s the different within those numbers?
Erlina               : ohhh ... yang itu terletak pada warnanya saja. Oh, it’s just the colors.
Ayu                  : ohhh ... oohhh i see
Erlina               : Apakah anda tertarik untuk membeli produk terbaru di stand kami ???
                        Ada promosi diskon juga loohh. (sambil tersenyum). are you interested in buying our bags? We have a discount for you J
Ayu                  : Diskonnya masing-masing KW berapa ??? tell me about the discount.
Erlina               : Kalau KW 1 dapat diskon 15% , sedangkan KW 2 dapat diskon 25%.
                        (sambil tersenyum). you’ll get 15% discount for bags quality 1 and 25% discount for bags quality 2
Ayu                  : Bagaimana Sil, kamu tertarik tidak ??? (menoleh ke arah Sisil). Sil, are you interested?
Sisil                  : Aku tertarik yang KW 1 no.2 i think i am. Bags number 2 with number 1 quality.
Erlina               : Bagaimana untuk kakak yang ini ??? (menunjuk ke arah Ayu). Apakah
                        tertarik untuk membeli ??? (sambil tersenyum). how about you, miss. Are you interested?
Ayu                  : Maaf, saya tidak jadi membeli, karena kemarin saya sudah membeli tas
dengan model tersebut. Sorry, i think not this time. Yesterday i bought a bag like that.
Sisil                  : Iya sudah kak, saya ambil yang KW 1 no.2 (sambil tersenyum). okay, i’ll take this bag please.
Erlina               : Iya ... silahkan masuk dulu, saya ambilkan barangnya. Well, come inside i’ll take the bag for you.
            {{{ ( beberapa saat kemudian) }}}
                        Ini kak, barangnya. Silahkan dilihat dulu. (sambil mengasihkan barangnya). This is it, please give it a look first J
Sisil                  : Iya kak. (tersenyum) okay.
                        Saya ambil yang ini kak, ini uangnya. I’ll take this one. And this is the money
Erlina               : (menerima uang dari Sisil) Iya kak. Saya hitung dulu. Alright, i’ll count it first if you don’t mind.
Sisil                  : Iya kak silahkan. (tersenyum). sure.
Erlina               : Sudah pas uangnya kak.Terima kasih iya (tersenyum). just right money. Thank you, miss.
Sisil                  : Iya kak ... sama-sama (tersenyum). yes, my pleasure.
Erlina               : Terima kasih atas kunjungannya. (tersenyum).thank you for coming J
Sisil n Ayu        : Sama-sama kak. mari kak (tersenyum). you’re welcome
Erlina               : Iya kak, silahkan. (tersenyum).
 

percakapan bahasa inggris dengan tiga orang pendialog

pada postingan pertama saya..
saya akan memposting tentang percakapan bahasa inggris dengan jumlah tiga pendialog.
semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari refrensi untuk tugasnya..
mari belajar :)


ini adalah salah satu contoh percakapan bahasa inggris dengan tiga orang pendialog :

franky        : hello,good afternoon everybody
sisil & Ayu : good afternoon boss
franky        : how are you ?
sisil & ayu : fine thanks,what about you boss?
Franky        : I`am fine too,thanks.
                    so,let`s start the meeting
sisil             : yes boss, let me speak first.
franky        : yes,please.
sisil             : i will report our profit, the profit increase from two hundred million rupiahs to two hundred andfifty million rupiahs
franky        : wow, that`s impressive.
Sisil             : yeah,because the sell increase too boss,our shareholder proud with our progress.
Franky        : yes, i proud too with the progress, i wish it will continue.
sisil             : yes bos, w will work hard for that
franky        : yes,thank you,i`m appreciat it.
                    what about your report miss Ayu?
Ayu             : the production do a good job boss,everything is okay.
but, next year we will add more material to produce and we need more employee
franky        : okay,i will consider it
Ayu             : we need at least 3 new employee to increase the production.
because, i think next year the selling will increase.
Franky        : okay, i will recruit a new employee as soon as possible.

ayu             : thanks boss, that`s all I can report.
Franky        : okay,thank you, i think the meeting is enough.
thank you every body, good afternoon.
sisi & Ayu : good afternoon boss.